HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.220.225
Pengunjung : 628.679


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH



Informasi PPDB : 

PPDB 2020/2021

INFORMASI PENTING PPDB 2020/2021
UNTUK BAGIAN LAYANAN FORMULIR


A. Persyaratan Calon Peserta Didik

  1. Calon peserta didik laki-laki atau perempuan maksimal berusia 18 tahun.
  2. Lulus SMP tahun 2020.
  3. Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp 75.000,00 (dapat melalui transfer ke Bank Mandiri Cabang Godean Yogyakarta a.n Yayasan Tarakanita Yogyakarta, No Rek. 137.00.3333.888.6). Bukti transfer dapat difaxkan atau diemailkan atau di kirim via Whatshapp.
  4. Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kepada panitia, dengan dilampiri:
    1. Pas foto calon peserta didik ukuran 3 X 4 : 3 lembar
    2. Surat pernyataan yang ditulis tangan di atas meterai Rp 6.000,00 : 1 lembar, apabila sudah diterima
    3. Fotocopi Akte Kelahiran : 1 lembar
    4. Fotocopi Kartu Keluarga : 1 lembar
    5. Fotocopi KTP orang tua (Ayah dan Ibu) : 1 lembar
    6. Fotocopi Surat Baptis (bagi yang beragama Katolik : 1 lembar
    7. Fotocopi Rapor kelas VII dan VIII semester 1 dan 2 yang dilegalisir : 1 lembar
    8. Fotocopi Piagam Penghargaan atau Sertifikat atas prestasi akademik atau non akademik yang dimiliki.
    9. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  5. Mengikuti seleksi jalur prestasi atau jalur tes.
  6. Mengikuti wawancara calon peserta didik.
  7. Menyerahkan fotocopi rekomendasi peminatan dari guru BK SMP asal
  8. Setelah menerima ijazah dan SKHU SMP segera menyerahkan fotocopynya.

 

 
B. Teknis Seleksi

1. Jalur Pretasi Akademis

Jalur prestasi akademis merupakan seleksi calon peserta didik baru melalui nilai rapor kelas VII dan VIII semester 1 dan 2. Pendaftaran dimulai 1 Oktober 2019 sampai dengan UN SMP tahun pembelajaran 2019/2020. Syarat jalur prestasi akademik:
  1. Nilai untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA minimal sama dengan KKM.
  2. Tidak mengikuti tes tertulis.
  3. Mengikuti wawancara calon peserta didik
  4. Peserta didik baru dari Tarakanita (feeder school) yang lulus pada jalur prestasi dengan peringkat 1-3 diberikan bea siswa berupa potongan UPP sebesar 25% dan bebas uang sekolah selama satu semester pada kelas awal sesuai ketetapan hasil wawancara.
  5. Peserta didik dari luar Tarakanita (non feeder school) dengan peringkat 1-5 diberikan bea siswa berupa bebas uang sekolah selama satu semester pada kelas awal sesuai ketetapan hasil wawancara
  6. Penentuan pemeringkatan bea siswa dilakukan pada akhir kegiatan jalur prestasi berdasarkan rerata nilai UN murni minimal mencapai 8,0 untuk mata pelajaranBahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

2. Jalur Prestasi Non Akademis

Jalur prestasi non akademis merupakan seleksi calon peserta didik baru melalui prestasi kejuaraan di bidang non akademis. Pendaftaran dimulai 1 Oktober 2019 sampai dengan UN SMP Tahun Pelajaran 2019/2020. Syarat jalur prestasi non akademis:

  1. Mendapat prestasi juara I – III bidang non akademis tingkat provinsi  atau nasional pada jenjang sebelumnya.
  2. Rata- rata nilai rapor minimal sama dengan rata- rata KKM kelas.
  3. Tidak mengikuti tes tertulis.
  4. Mengikuti wawancara calon peserta didik.

3.  Jalur Tes

a.   Jalur Tes Khusus

Jalur tes khusus merupakan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru yang tidak lolos di jalur prestasi melalui tes tertulis dengan  materi: Bahasa Inggris, Bahas Indonesia, Matematika, IPS dan IPA. Syarat jalur tes reguler:

  1. Mengikuti tes tertulis
  2. Mengikuti wawancara calon peserta didik

b.   Jalur Tes Reguler

Jalur tes reguler merupakan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru melalui tes tertulis dengan materi: Bahasa Inggris, Bahas Indonesia, Matematika, IPS dan IPA. Syarat jalur tes reguler:

  1. Mengikuti tes tertulis
  2. Mengikuti wawancara calon peserta didik


Keterangan: 

  1. Peserta didik baru dari feeder school pada Jalur Tes dengan peringkat 1–5 diberikan beasiswa berupa bebas uang sekolah selama 1 (satu) semester pada kelas awal sesuai ketetapan hasil wawancara.
  2. Peserta didik baru dari non feeder school pada Jalur Tes dengan peringkat 1-10 diberikan beasiswa berupa bebas uang sekolah selama 3 (tiga) bulan pada kelas awal sesuai ketetapan hasil wawancara.
  3. Penentuan pemeringkatan beasiswa dilakukan pada akhir kegiatan jalur tes  berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN) SMP, dengan syarat rerata nilai minimal mencapai 80 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA.

C. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi melalui web/telephone setiap hari jumat. bagi calon siswa yang belum lolos jalur prestasi dapat langsung mengikuti seleksi dengan tes.


UNTUK PENDAFTARAN SECARA ONLINE BISA KLIK DI SINI
Pengumuman para pendaftar yang DITERIMA dapat dilihat DI SINI