HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.231.220.225
Pengunjung : 628.729


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

SEJARAH SINGKAT YAYASAN TARAKANITA

Karya pendidikan Yayasan Tarakanita dikelola oleh Konggregasi Suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus (Suster CB). Karya Pendidikan pertama diawali di Bengkulu, pada tanggal 19 Desember 1929. Sekolah pertama yang dikelola adalah HCS (Hollandsch Chinneses School) yang pada mulanya dikelola oleh para imam SCJ. Sekolah tersebut diserahkan kepada Suster C8 pada tanggal 6 Januari 1930 dan Pastor Neilen, SCJ. Beberapa tahun kemudian, pada tanggal 11 Juni 1935, para Suster CB juga melayani pendidikan HCS di Lahat dengan menghadirkan 3 Suster CB di sana. Sekolah di Lahat mi diterima dan Pastor Hoogeboom,SCJ yang telah menetap di Lahat sejak tahun 1933.

 

Kedua sekolah di Sumatera tersebut walaupun dilalul dengan penuh
perjuangan, namun sampai sekarang cukup berkembang. Para suster yang menjalankan karya pelayanan pendidikan di Sumatera, sempat harus menjalani hidup di camp tahanan, bahkan beberapa dan mereka meninggal dunia. Namun justru dalam kesendiriannya di camp tahanan 2 orang suster (Sr. Laurentia de Sain,CB dan Sr. Catharinia Liedmeier,CB) mempimpikan adanya sekolah yang dikelola Suster CB di Yogyakarta. Impian tersebut akhirnya terwujud.

 

Setelah proklamasi kemerdekaan, di Yogyakarta mulai didirikan berbag
al sekolah, yaitu SMP Stella Duce Dagen, SMAK Stella Duce di JI. Sumbing No. 1 (JI. Sabirin) dan SGA Stella Duce di Jl. Dr. Sutomo 16. Setelah beberapa sekolah di Yogyakarta mulai berjalan, menyusul kemudian sekolah-sekolah di Jakarta, Magelang, Surabaya, Solo Baru dan Tangerang. Sekolah-sekolah Tarakanita yang terpencar di berbagai daerah tersebut, sejak awal berdirinya masing-masing berdiri sendiri dan dikelola para suster yang bertugas di daerah mana mereka diutus untuk berkarya di sekolah tersebut.

 

Seiring dengan tuntutan zaman, sekolah-sekolah yang ada harus dikelo
la dengan balk dengan sebuah sistem managemen yang balk, untuk itu
diperlukan sebuah lembaga yang mengelolanya,maka dibentuklah Yayasan Tarakanita. Saat ml kantor pusat Yayasan Tarakanita berkedudukan di Jakarta. Oleh karena sekolah Tarakanita tersebar di berbagal daerah, maka demi efisiensi dan efektifitas pengelolaan didirikanlah kantor-kantor wilayah dimana sekolah-sekolah tersebut berada. Yayasan Tarakanita memiliki 7 kantor wilayah yaitu Bengkulu, Lahat,Tangerang, Jakarta, Jawa tengah, Yogy akarta dan Surabaya. Kantor wilayah Yogyakarta mengelola TK-SD Tarakani ta Bumijo, SD Tarakanita Tritis, SD Tarakanita Ngembesan, SMP Stella Duce I Dagen, SMP Stella Duce 2 Suryodiningratan, SMA Stella Duce 1 Sabirin, SMA Stella Duce 2 Trenggono, dan SMA Stella Duce Bantul.