HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.226.41.91
Pengunjung : 335.663






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017             |             Selamat kepada Reynard Adrian Simajuntak dan Cristoper marcellino Siswa Stella Duce Yogyakarta yang membawa medali di ajang Expo Science Mexico 2017 pada 04 11 Desember 2017             |             SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SEJARAH SINGKAT YAYASAN TARAKANITA

Karya pendidikan Yayasan Tarakanita dikelola oleh Konggregasi Suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus (Suster CB). Karya Pendidikan pertama diawali di Bengkulu, pada tanggal 19 Desember 1929. Sekolah pertama yang dikelola adalah HCS (Hollandsch Chinneses School) yang pada mulanya dikelola oleh para imam SCJ. Sekolah tersebut diserahkan kepada Suster C8 pada tanggal 6 Januari 1930 dan Pastor Neilen, SCJ. Beberapa tahun kemudian, pada tanggal 11 Juni 1935, para Suster CB juga melayani pendidikan HCS di Lahat dengan menghadirkan 3 Suster CB di sana. Sekolah di Lahat mi diterima dan Pastor Hoogeboom,SCJ yang telah menetap di Lahat sejak tahun 1933.

 

Kedua sekolah di Sumatera tersebut walaupun dilalul dengan penuh
perjuangan, namun sampai sekarang cukup berkembang. Para suster yang menjalankan karya pelayanan pendidikan di Sumatera, sempat harus menjalani hidup di camp tahanan, bahkan beberapa dan mereka meninggal dunia. Namun justru dalam kesendiriannya di camp tahanan 2 orang suster (Sr. Laurentia de Sain,CB dan Sr. Catharinia Liedmeier,CB) mempimpikan adanya sekolah yang dikelola Suster CB di Yogyakarta. Impian tersebut akhirnya terwujud.

 

Setelah proklamasi kemerdekaan, di Yogyakarta mulai didirikan berbag
al sekolah, yaitu SMP Stella Duce Dagen, SMAK Stella Duce di JI. Sumbing No. 1 (JI. Sabirin) dan SGA Stella Duce di Jl. Dr. Sutomo 16. Setelah beberapa sekolah di Yogyakarta mulai berjalan, menyusul kemudian sekolah-sekolah di Jakarta, Magelang, Surabaya, Solo Baru dan Tangerang. Sekolah-sekolah Tarakanita yang terpencar di berbagai daerah tersebut, sejak awal berdirinya masing-masing berdiri sendiri dan dikelola para suster yang bertugas di daerah mana mereka diutus untuk berkarya di sekolah tersebut.

 

Seiring dengan tuntutan zaman, sekolah-sekolah yang ada harus dikelo
la dengan balk dengan sebuah sistem managemen yang balk, untuk itu
diperlukan sebuah lembaga yang mengelolanya,maka dibentuklah Yayasan Tarakanita. Saat ml kantor pusat Yayasan Tarakanita berkedudukan di Jakarta. Oleh karena sekolah Tarakanita tersebar di berbagal daerah, maka demi efisiensi dan efektifitas pengelolaan didirikanlah kantor-kantor wilayah dimana sekolah-sekolah tersebut berada. Yayasan Tarakanita memiliki 7 kantor wilayah yaitu Bengkulu, Lahat,Tangerang, Jakarta, Jawa tengah, Yogy akarta dan Surabaya. Kantor wilayah Yogyakarta mengelola TK-SD Tarakani ta Bumijo, SD Tarakanita Tritis, SD Tarakanita Ngembesan, SMP Stella Duce I Dagen, SMP Stella Duce 2 Suryodiningratan, SMA Stella Duce 1 Sabirin, SMA Stella Duce 2 Trenggono, dan SMA Stella Duce Bantul.